Jumat, 29 Maret 2013

Tips-tips sebelum dan sesudah cabut gigi

Sebagian orang menganggap peristiwa cabut gigi sebagai saat-saat menakutkan karena membayangkan rasa nyeri. Agar cabut gigi tidak menakutkan lakukan hal-hal berikut usai anda cabut gigi.
Cabut gigi harus di lakukan seksama oleh dokter gigi atau dokter bedah mulut karena operasi kecil ini beresiko tinggi mengalami komplikasi. Maka itu dokter biasa nya tidak mau mencabut gigi jika seseorang dalam keadaan infeksi.  Terlebih dahulu Dokter akan memberikan anti biotik untuk membantu menyembuhkan infeksi, baru kemudian pada saat kunjungan berikut setelah infeksi membaik pencabutan bisa di laksanakan
Sebelum mencabut gigi, dokter akan memberikan anastesi (Bius) Lokal di daerah gigi yang akan di cabut guna mematikan rasa. Anastesi ini akan mencegah nyeri di seluruh tubuh, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu agar tidak bereaksi dengan obat anastesi.
Setelah gigi di cabut pasien biasa nya akan mengalami perdarahan dan pembengkakan sekitar 24-48 jam pertama setelah pencabutan gigi. Namun, kondisi ini bisa di atasi dengan cara-cara yang sederhana.
Jikabengkak dan nyeri tidak berkurang atau memburuk setelah lebih dua hari sebaik nya konsultasikan dengan dokter.
Cara mudah mengatasi bengkak setelah cabut gigi seperti di kutip dari Livestrong, senin (7/2/2011) yaitu :
  • Tempatkan kasa lembab di atas luka untuk mengendalikan perdarahan setelah gigi di cabut, ganti kasa setiap 30 menit sekali atau sesuai jadwal yang di rekomendasikan dokter.
  • Letakkan kantong es di sisi luar wajah dari tempat gigi yang di cabut. Biarkan kantong es kantong es selama 10-20 menit. Ulangi terus selama 12-24 jam pertama setelah gigi di cabut.
  • Letakkan kepala dengan posisi lebih tinggi dari badan selama 12-24 jam pertama setelah cabut gigi, jika memungkinkan hal ini juga di lakukan saat tidurLetakkan kompres hangat pada daerah yang bengkak 36 jam setelah gigi di cabut.
Selain itu ada beberapa hal yang harus di lakukan setelah cabut gigi agar tidak memperparah kondisi, yaitu :
  1. Jangan ganggu atau memegang luka yang ada
  2. Jauhkan jari dan ludah dari tempat gigi di cabut.
  3. Hindari merokok selama 72 jam setelah cabut gigi
  4. Jangan membuang ingus dengan keras kerana bisa menghambat proses pembekuan dan penyembuhan menjadi lebih lambat sehingga lebih bengkak.
  5. Mengkonsumsi makanan dan cairan lunak setelah cabut gigi, misal nya makan puding, yogurt, kentang tumbuk, bubur dan sup.
  6. Hindari Konsumsi alkohol selama minimal 48 jam setelah gigi di cabut

1 komentar: