Minggu, 10 Maret 2013

Tingkatan Tumor



Apa itu tumor?
Untuk memahami kelas tumor, akan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana tumor terbentuk. Tubuh terdiri dari banyak jenis sel. Normalnya, sel tumbuh dan membelah untuk menghasilkan sel-sel baru dengan cara yang terkendali dan teratur. Kadang-kadang, bagaimanapun, sel-sel baru terus diproduksi ketika mereka tidak diperlukan.
Akibatnya, massa dari jaringan tambahan yang disebut tumor dapat berkembang. Suatu tumor dapat jinak (tidak bersifat kanker) atau ganas (kanker). Sel-sel pada tumor ganas abnormal dan membelah tanpa kontrol atau perintah. Sel-sel kanker dapat menyerang dan merusak jaringan di dekatnya, dan menyebar ke bagian lain dari tubuh (metastasis).

Apa tingkatan tumor?
Kelas tumor adalah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan sel kanker dalam hal bagaimana mereka terlihat normal di bawah mikroskop dan seberapa cepat tumor akan tumbuh dan menyebar. Banyak faktor yang dipertimbangkan saat menentukan kelas tumor, termasuk struktur dan pola pertumbuhan sel. Faktor-faktor khusus yang digunakan untuk menentukan grade tumor bervariasi dengan setiap jenis kanker.
Kelas histologis, juga disebut diferensiasi, mengacu pada berapa banyak sel-sel tumor menyerupai sel-sel normal dari jenis jaringan yang sama. Kelas Nuklir mengacu pada ukuran dan bentuk inti pada sel tumor dan persentase sel tumor yang membagi.
Kelas tumor tidak harus bingung dengan tahap kanker. Kanker stadium mengacu pada tingkat atau keparahan kanker, berdasarkan faktor-faktor seperti lokasi dari tumor primer, ukuran tumor, jumlah tumor, keterlibatan kelenjar getah bening dan (penyebaran kanker ke kelenjar getah bening).

Bagaimana tingkatan tumor ditentukan?
Jika tumor diduga menjadi ganas, dokter menghilangkan sampel jaringan atau seluruh tumor dalam prosedur yang disebut biopsi. Seorang ahli patologi (dokter yang mengidentifikasi penyakit dengan mempelajari sel-sel di bawah mikroskop) meneliti jaringan untuk menentukan apakah tumor jinak atau ganas. Ahli patologi juga dapat menentukan tumor grade dan mengidentifikasi karakteristik lain dari sel tumor.

Nilai tumor yang berbeda menandakan Apa?
Berdasarkan penampilan mikroskopis sel kanker, patolog umum menggambarkan kelas tumor oleh empat derajat keparahan: Kelas 1, 2, 3, dan 4. Sel-sel Kelas 1 tumor menyerupai sel normal, dan cenderung tumbuh dan berkembang biak lambat. Kelas 1 tumor umumnya dianggap yang paling agresif dalam perilaku.
Sebaliknya, sel-sel dari kelas 3 atau kelas 4 tumor tidak terlihat seperti sel normal dari jenis yang sama. Grade 3 dan 4 tumor cenderung tumbuh pesat dan menyebar lebih cepat daripada tumor dengan nilai yang lebih rendah.
Komisi Bersama Amerika Kanker merekomendasikan panduan berikut untuk tumor penilaian (1)
Kelas
GX kelas tidak dapat dinilai (grade Tak Tentu)
G1 dengan baik dibedakan (kelas rendah)
G2 Cukup dibedakan (kelas Menengah)
G3 berdiferensiasi buruk (kelas tinggi)
G4 tak Teruraikan (High grade)

Apakah skala penilaian yang sama berlaku untuk semua tumor?
Sistem penilaian yang berbeda untuk setiap jenis kanker. Misalnya, ahli patologi menggunakan sistem Gleason untuk menggambarkan derajat diferensiasi sel-sel kanker prostat. Sistem Gleason menggunakan skor mulai dari kelas 2 sampai kelas 10. Lebih rendah skor Gleason menggambarkan berdiferensiasi baik, tumor kurang agresif. Skor yang lebih tinggi menggambarkan diferensiasi buruk, tumor lebih agresif. Sistem penilaian lainnya termasuk sistem Bloom-Richardson untuk kanker payudara dan sistem Fuhrman untuk kanker ginjal.

Apakah kelas tumor mempengaruhi pilihan pengobatan pasien?
Dokter menggunakan kelas tumor dan berbagai faktor lainnya, seperti kanker stadium, untuk mengembangkan rencana perawatan individu untuk pasien dan untuk memprediksi prognosis pasien. Umumnya, sebuah kelas yang lebih rendah menunjukkan prognosis yang lebih baik (hasil mungkin atau perjalanan penyakit; kemungkinan pemulihan atau kambuh).
Namun, pentingnya kelas tumor dalam perencanaan pengobatan dan memperkirakan prognosis pasien lebih besar untuk beberapa jenis kanker, seperti sarkoma jaringan lunak, tumor otak primer, limfoma, dan payudara dan kanker prostat. Pasien harus berbicara dengan dokter mereka tentang kelas tumor dan bagaimana kaitannya dengan diagnosis dan pengobatan.

Sekilas Tingakatan Tumor
Kelas tumor adalah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan sel kanker dalam hal bagaimana mereka terlihat normal di bawah mikroskop dan seberapa cepat tumor akan tumbuh dan menyebar.
Seorang ahli patologi (dokter yang mengidentifikasi penyakit dengan mempelajari sel-sel di bawah mikroskop) menentukan apakah tumor jinak atau ganas. Ahli patologi juga menentukan grade tumor.
Setiap jenis kanker dinilai menggunakan sistem penilaian yang berbeda.
Dokter mempertimbangkan faktor-faktor kelas dan lainnya tumor ketika mengembangkan rencana perawatan individu untuk seorang pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar